SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SRIWAHYUNI TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
4/ 5 dari 1001 ulasan

Jumat, 15 Maret 2013

panduan proposal komite sekolah 2013



 PETUNJUK TEKNIS
 (JUKNIS)
  PENGELOLAAN BELANJA BANTUAN SOSIAL  PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH
 TAHUN 2013

 



 

















DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Komplek Kemdikbud, Gedung D Lantai 13
Jl. Jenderal Sudirman/Pintu 1, Senayan
Jakarta 10270
Telp./Fax. 021-57955143




KATA PENGANTAR


Sejak terbitnya Kepmendiknas Nomor: 044/U/2002 tentang  Dewan Pendidikan/Komite Sekolah mulai tahun 2011 pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan Bantuan Sosial kepada Dewan Pendidikan/Komite Sekolah. Pemberian Bantuan Sosial tersebut dimaksudkan untuk memperkuat kelembagaan Dewan Pendidikan/Komite Sekolah sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor:  66 Tahun 2010 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor: 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dinyatakan bahwa, masyarakat dapat berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan melalui berbagai komponen masyarakat. Dalam menjalankan kegiatannya, lembaga ini mempunyai beberapa sumber pendanaan yaitu: Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat dan Daerah, masyarakat, Bantuan Sosial dari pihak asing yang tidak mengikat dan atau sumber lain yang sah.

Pada tahun anggaran 2013 Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan Bantuan Sosial pemberdayaan Dewan Pendidikan/Komite Sekolah, yang dikelola Bagian Keuangan Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. Jumlah dan alokasi Bantuan Sosial dari tahun ke tahun terus meningkat meskipun dengan anggaran yang masih sangat terbatas, maka sasaran untuk tahun ini masih difokuskan untuk pemberdayaan Komite Sekolah dengan harapan pemanfaatannya lebih dekat dan langsung bersentuhan dengan komponen pendidikan untuk meningkatkan kompetensi  komite Sekolah dalam rangka keikut sertaan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Buku Petunjuk Teknis (Juknis) ini, disusun dan memuat tentang tujuan, program, tugas dan tanggungjawab para pihak terkait. Persyaratan penerimaan Bantuan Sosial, mekanisme pengajuan rancangan program/proposal, pemanfaatan dan pembelanjaan dana Bantuan Sosial, serta pelaporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan sosial pemberdayaan Komite Sekolah pada jenjang SMA/SMK Negeri maupun swasta.










DESKRIPSI  

BANTUAN SOSIAL
PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH
TAHUN 2013

Nama Program            :     Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.

Tujuan                           :     Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini, mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut:
1.       Meningkatkan Kompetensi Pengurus Komite Sekolah untuk dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara optimal.
2.       Memperkuat pemberdayaan stacholder di bidang pendidikan melalui fasilitas Komite Sekolah agar mampu menjadi jembatan yang mengakomodir kepentingan pemerintah (sekolah), masyarakat, dan praktisi pendidikan.
3.     Memberikan penguatan terhadap kerjasama kemitraan yang lebih produktif antara Komite Sekolah/masyarakat (orang tua siswa) dengan sekolah.
4.     Memfasilitasi Komite Sekolah untuk memaksimalkan peran dan fungsinya dalam membantu peningkatan akses dan mutu layanan satuan pendidikan di wilayah masing-masing.
                                             
Sasaran                         :     175 (seratus tujuh puluh lima) Komite  Sekolah Menengah.
Nilai Bantuan Sosial   :     Rp.  40.000.000,- (Empat puluh juta rupiah) setiap Komite Sekolah.

Ketentuan Penggunaan Dana:
  1. Dana Bantuan Sosial DAPAT digunakan untuk:
No
Kegiatan

Biaya

1.

Biaya peningkatan kompetensi, peran dan fungsi dalam membantu peningkatan akses dan mutu layanan satuan pendidikan.
a. Mengikuti Pelatihan Komputer, Manajemen
 Pengelolaan    Keuangan,
b. Workshop Peran Serta Komite Sekolah.  

 


60% =
24 juta


2
Pembelian peralatan penunjang yaitu:
a. Laptop 
b. Printer
c. LCD proyektor (bukan LCD TV)
d. Meublair untuk ruang Kerja Pengurus Komite
    Sekolah.



35%  =
14  juta
3
Biaya Administrasi, Penyusunan   dan pengiriman laporan  pelaksanaan kegiatan.

5% =
2  juta

Jumlah
40 Juta




B. Dana Bantuan Sosial TIDAK DAPAT digunakan untuk:
1.    Study Banding Pengurus Komite Sekolah, Guru-guru dan Kepala Sekolah.
2.    Biaya Operasional Komite Sekolah (Transport maupun honor bulanan Pengurus Komite Sekolah, Rapat-rapat Revisi AD/ART, Pemilihan Pengurus Baru, Penyusunan Program Kerja).
3.    Perbaikan Sarana dan Prasarana Bangunan Gedung Sekolah.
4.    Kegiatan yang tidak relevan dengan tugas pokok Komite Sekolah antara lain: Pertandingan Olah Raga, kunjungan dan pendampingan Praktek Kerja Industri (Prakrim) Siswa, dan Ikut serta Pameran.
5.    Pembelian barang di luar ketentuan item A di atas.



Prinsip-prinsip Dasar:     
1.   Bantuan Sosial diberikan dalam bentuk dana untuk pemberdayaan Komite Sekolah.
2.  Proposal pemanfaatan dana disusun oleh Komite Sekolah diketahui oleh Kepala Sekolah dan disahkan oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota.     
3.   Kewenangan penetapan penerima Bantuan Sosial oleh Kuasa Pengguna Anggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.
4.   Penerima dana Bantuan Sosial  mutlak bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan dan laporan pertanggung jawaban sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelolaan Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah tahun 2013.

Layanan Informasi dan Pengiriman Laporan Kegiatan:    
Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Up. Bagian Keuangan, Komplek Kemdikbud Gedung D Lt 13, Jl. Jenderal Sudirman/Pintu 1, Senayan, Jakarta Kode Pos: 10270. Telpon/Fax 021-57955143, E-mail: bagkeu.dikmen@ kemdikbud. go.id.

 


DAFTAR ISI


Lampiran 14b : Contoh Surat Setoran Pajak (SSP) PPh Pasal 21…………50 Lampiran 14c : Contoh Surat Setoran Pajak (SSP) PPh Pasal 21…………51 Lampiran 14d : Contoh Surat Setoran Pajak (SSP) PPh Pasal 21…………52

Lampiran 15a: Contoh Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP)……………….53

Lampiran 15b: Contoh Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP)………………54




BAB I.

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang


Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan/Komite Sekolah, yang kemudian diperkuat dengan Undang undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Dewan Pendidikan/Komite Sekolah pada Pasal 56 ayat (3) telah lahir sebagai wadah peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan.

Berdasarkan sejarah penyelenggaraan pendidikan sekolah orangtua/ wali, peserta didik dari tahun 2002 telah mengalami beberapa kali dilakukan penyempurnan. Sebelumnya dikenal dengan POMG (Persatuan Orangtua Murid dan Guru), dan kemudian berubah menjadi BP3 (Badan Pembantu Penyelenggaraan Pendidikan), dan mulai tahun 2002 dikenal dengan nama Komite Sekolah sekarang dikenal dengan nama Komite Sekolah/Madrasah. Dewasa ini, hampir semua sekolah/madrasah di Indonesia telah membentuk Komite Sekolah/ Madrasah. 

Dengan pertimbangan bahwa peningkatan kualitas/mutu pendidikan merupakan hal yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan, maka pada tahun anggaran 2013, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah telah mengalokasikan Bantuan Sosial dengan penekanan pada pemberdayaan Komite Sekolah.

B. Dasar Hukum dan Kebijakan


Dasar hukum pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini, adalah sebagai berikut:
1.    Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.
3.    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.
4.    Peraturan Pemerintah Nomor.: 66 tahun 2010 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor: 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
5.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 44 Tahun 2010 tentang Renstra Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2010-2014.
6.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2012 tentang perubahan atas Permendikbud No 1 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan.
7.    Peraturatn Menteri Keuangan RI No. 81/PMK.05/2012 tentang Belanja Bantuan Sosial pada Kementerian Negara/Lembaga
8.    Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan/Komite Sekolah.
9.    Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 7198/A.A3/KU/2013 tanggal, 1 Februari 2013, tentang perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor:     603/A.A3/KU/2013 tanggal 2 Januari 2013 tentang Pengangkatan Pejabat Perbendaharaan/Pengelola Keuangan pada Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2013.
10. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Tahun Anggaran 2013 Nomor: 023.12.1.682096/2013 tanggal 5 Desember 2012.

C. Tujuan              


Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini, mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut:
1.    Meningkatkan Kompetensi Pengurus Komite Sekolah untuk dapat melakasanakan peran dan fungsinya secara optimal.
2.    Memperkuat pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan melalui Komite Sekolah agar mampu menjadi jembatan yang mengakomodir kepentingan pemerintah pada Sekolah, masyarakat, dan praktisi pendidikan.
3.   Memberikan penguatan terhadap kerjasama kemitraan yang lebih produktif antara Komite Sekolah/masyarakat (orang tua siswa) dengan sekolah.
4.   Memfasilitasi Komite Sekolah untuk memaksimalkan peran dan fungsinya dalam membantu peningkatan akses dan mutu layanan satuan pendidikan di wilayah masing-masing.

 

 

D. Sasaran


Sasaran pemberian Bantuan Sosial ini adalah Komite Sekolah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Swasta, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta sebanyak 175 (seratus tujuh puluh lima) Komite Sekolah yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, selaku Kuasa Pengguna Anggaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Apabila jumlah penerima Bantuan Sosial belum terpenuhi, maka Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah selaku Kuasa Pengguna Anggaran dapat menetapkan Komite Sekolah sebagai calon penerima Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah tahun 2013.

E. Hasil yang diharapkan


1.       Adanya peningkatan kompetensi, peran dan fungsi Pengurus Komite Sekolah dalam membantu peningkatan akses dan mutu layanan satuan pendidikan.
2.       Komite Sekolah mempunyai perangkat peralatan untuk memperlancar tugas dan tanggungjawab  pada bidang pendidikan.
3.       Adanya Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan.

F. Nilai Bantuan Sosial/Anggaran Kegiatan


Nilai Bantuan Sosial yang diberikan Tahun 2013 ini sebesar                Rp. 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) per lembaga/Komite Sekolah yang berasal dari APBN sebagaimana tertuang dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Tahun Anggaran 2013 Nomor: 023-12.1.682096/2013 tanggal 5 Desember 2012.

G. Jadwal Kegiatan


No.
Nama Kegiatan
Perkiraan Waktu
Tahun 2013
1.
Penyampaian informasi Bantuan Sosial  ke Dinas Pendidikan Kab./Kota tembusan Propinsi

Mgg ke III Feb.
2.
Komite Sekolah mengajukan proposal Bantuan Sosial  Diketahui oleh Kepala Sekolah dan Disahkan/Direkomendasi oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota baru dikirim ke Setditjen Dikmen

Mgg IV  Februari s.d mgg I  April 2013
3.
Evaluasi Proposal oleh Tim Evaluasi Setditjen Dikmen
Mgg II April 2013
4.
Penetapan Komite Sekolah calon penerima Bantuan Sosial
Mgg  III  April 2013
5.
Bimbingan Teknis pada Komite Sekolah dan Penandatanganan Surat Perjanjian
Mgg I Mei 2013
6.
Penyaluran dana Bantuan Sosial ke rekening Komite Sekolah
Mgg II – IV  Mei
7.
Pelaksanaan kegiatan oleh Komite Sekolah
Mgg I Juni – Mgg IV Agst 2013
8.
Supervisi oleh Ditjen Dikmen
Mgg II Juli - III- Agst
9.
Laporan pelaksanaan kegiatan oleh Komite Sekolah
Sep – 2013

BAB II.  

ORGANISASI, TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB

 

A.         Organisasi
Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah dapat dilaksanakan atas kerjasama di antara lembaga-lembaga terkait, baik lembaga pemerintah maupun tokoh-tokoh masyarakat yang mempunyai tugas dan tanggungjawab sesuai fungsinya masing-masing antara lain adalah:
1.   Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.   Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
         3.   Sekolah dan.
4.   Komite Sekolah.

B.      Tugas dan Tanggungjawab Pihak Terkait
Agar pelaksanaan kegiatan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini dapat terlaksana dan terorganisir dengan baik, maka perlu dibuat uraian tugas dan fungsi masing-masing lembaga yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini sebagai berikut:

        1.     Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
a.     Memberikan informasi ke Dinas Pendidikan  Kabupatan/Kota tembusan ke Dinas Pendidikan Propinsi.
b.     Menerima usulan proposal dari Komite Sekolah.
c.     Mengevaluasi dan menyeleksi Proposal yang telah diterima.
d.     Menetapkan Komite Sekolah calon penerima Bantuan Sosial.
e.     Melaksanakan Bimbingan Teknis kepada Komite Sekolah calon penerima Bantuan Sosial.
f.     Menandatangani Surat Perjanjian, Pakta Integritas dengan Komite Sekolah calon penerima Bantuan Sosial.
g.     Menyalurkan dana Bantuan Sosial.
h.     Melakukan supervisi ke Komite Sekolah.



2.     Dinas Pendidikan Kab/Kota
a.     Menyebarluaskan informasi kepada  Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri maupun Swasta di Wilayah kerjanya tentang Program Bantuan Sosial dimaksud.
b.     Mengesahkan Proposal yang telah dibuat oleh Komite Sekolah.
c.     Menandatangani Berita Acara Serah Terima Barang dan Berita Acara Hak Guna Pakai olek Pengurus Komite peralatan yang diadakan dari dana Bantuan Sosial Pemmberdayaan Komite Sekolah tahun 2013.
       
3.     Sekolah
a.     Kepala Sekolah menginformasikan ke Komite Sekolah untuk membuat proposal Bantan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.
b.     Kepala Sekolah megetahuai/menyetujui Proposal yang telah di buat oleh Komite Sekolah.
c.   Mengetahui/menyetujui Surat Perjanjian dan  Surat  Pernyataan
      Kesanggupan.
 
4.     Komite Sekolah
a.     Menyusun proposal Bantuan Sosial antara lain:
1)       Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), sesuai alokasi PAGU anggaran bantuan sosial.
2)       Membuat jadwal pelaksanaan pekerjaan.
b.     Mengirim proposal dimaksud kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah yang telah ditanda tangani Ketua Komite Sekolah dan di Ketahui/disetujui oleh Kepala Sekolah serta disahkan oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
c.     Komite Sekolah yang telah ditetapkan menerima bantuan sosial wajib mengikuti Bimbingan teknis.
d.     Menandatangani Surat Perjanjian, Surat Pernyataan Kesanggupan, Pakta Integritas dan Kuitansi Penerimaan Dana Bantuan Sosial.
e.        Melaksanakan pencatatan pembukuan transaksi penggunaan dana Bantuan Sosial sesuai peraturan yang berlaku dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1)       Transaksi penerimaan dan pengeluaran dana harus dibuktikan secara rinci pada Buku Kas Umum (BKU) secara manual atau komputerisasi.
2)       Laporan penggunaan Bantuan Sosial disusun rapi dan melampirkan rekapitulasi pembayaran yang sah.
3)       Melaksanakan kewajiban memungut dan menyetorkan pajak sesuai peraturan yang berlaku.

f.     Melakukan serah terima hasil pengadaan peralatan kantor, dengan prosedur sebagai berikut:

Sekolah Negeri:
1)    Ketua Komite Sekolah menyerahkan kepada Kepala Sekolah untuk dicatat sebagai barang inventaris sekolah dengan membuat Berita Acara Serah Terima Barang  (format terlampir).
2)    Kepala Sekolah menyerahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk dicatat sebagai barang Pemda setempat, (format terlampir).
3)    Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota, selanjutnya menyerahkan Barang dimaksud kepada Komite Sekolah melalui Kepala Sekolah untuk digunakan sebagai alat penunjang kegiatan dengan membuat Berita Acara Hak Guna Pakai oleh Komite Sekolah, (format terlampir).

Sekolah Swasta:
1)    Ketua Komite Sekolah menyerahkan kepada Ketua Yayasan Sekolah dengan membuat Berita Acara Serah Terima Barang  (format terlampir).
2)    Ketua Yayasan mencatat sebagai barang Iventaris Yayasan
3)    Menyerakah kepada Komite Sekolah untuk digunakan sebagai alat penunjang kegiatan seheari-hari.
       
g.   Menyimpan dan menjaga keutuhan seluruh dokumen yang terkait dengan pemberian Bantuan Sosial dan pelaksanaan pengadaan sarana pendukung.
h.   Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


BAB III.   

MEKANISME PENGAJUAN BANTUAN SOSIAL PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH

 

Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah yang diberikan kepada Komite Sekolah merupakan dana stimulan dalam menunjang pelaksanaan program dan kegiatan Komite Sekolah.

A.      Persyaratan


Syarat-syarat pengajuan Bantuan Sosial, sebagai berikut:
1.   Memiliki SK Pembentukan Komite Sekolah yang berakhir paling cepat akhir tahun 2013.
2.   Memiliki AD /ART.
3.  Memiliki NPWP atas nama Komite Sekolah  (apabila ada) dan tidak atas nama pribadi.
4. Memiliki Rekening Bank atas nama Komite Sekolah dan tidak atas nama pribadi atau Bendahara Sekolah.
5.   Membuat proposal sesuai Pedoman Pelaksanaan yang berisi tentang:
a.       Rencana Pemanfaatan Dana Bantuan Sosial.
b.       Sasaran dan tujuan yang ingin dicapai.
c.        Pihak yang terlibat.
d.       Rencana waktu pelaksanaan kegiatan.
e.  Rencana Anggaran Biaya (RAB), sesuai dengan kegiatan dan alokasi anggaran yang yang telah ditetapkan dalam Pedoman Pemberian Bantuan Sosial tahun 2013.
6.   Proposal diketahui oleh Kepala Sekolah dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
7. Belum pernah memperoleh bantuan sosial Pemberdayaan Komite Sekolah Tahun Anggaran sebelumnya.

B.      Mekanisme Pengajuan Proposal adalah sebagai berikut:


1.    Pengajuan Proposal
Proposal yang telah dibuat Komite Sekolah SMA/SMK Negeri maupun Swasta dikirimkan langsung  ke Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, dan ditembuskan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota,



2.    Seleksi Proposal
a.      Seleksi Administrasi
1) Keabsahan SK Komite Sekolah.
2)  Memiliki AD/ART Komite Sekolah.
3) Memiliki NPWP atas nama Komite Sekolah  (apabila ada) dan tidak atas nama pribadi.
4)  . Memiliki Rekening Bank atas nama Komite Sekolah dan tidak atas nama pribadi atau Bendahara Sekolah.

b.  Seleksi Teknis
1) Menilai kesesuaian dan relevansi kegiatan yang diusulkan dengan Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah tahun 2013.
2)  Kesesuaian Rencana Anggaran Biaya dengan Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah tahun 2013

3)    Hasil Seleksi Proposal
Hasil seleksi Proposal Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah diusulkan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah untuk ditetapkan sebagai Penerima Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah tahun 2013.

4)    Bimbingan Teknis
Ketua Komite Sekolah yang menerima undangan dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah wajib mengikuti Bimbingan Teknis dengan materi meliputi:
a.      Penjelasan Kebijakan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.
b.    Pemanfaatan Dana.
c.     Penyusunan Laporan Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan.
d.    Penandatanganan dokumen/surat-surat yang berhubungan dengan pemberian Dana Bantuan Sosial.

C.    Penyaluran Dana

1.    Penyaluran dana akan dilakukan sekaligus melalui KPPN Jakarta III ke rekening Komite Sekolah sebagai penerima Bantuan Sosial
2.    Penyaluran dana sebagaimana tersebut pada poin 1 akan dilakukan apabila seluruh persyaratan sudah dipenuhi oleh penerima Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah
3.    Penyaluran Dana Bantuan Sosial disampaikan secara penuh/utuh tanpa potongan apapun termasuk pajak. Ketentuan pajak yang ditimbulkan atas penggunaan dana Bantuan Sosial wajib diselesaikan oleh Komite Sekolah selaku penerima dana Bantuan Sosial sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.


BAB IV.  

PEMANFAATAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN BANTUAN SOSIAL PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH


A.    Ketentuan Penggunaan Dana

Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini, dapaT digunakan untuk:






No
Kegiatan

Biaya

1.

Biaya peningkatan kompetensi, peran dan fungsi dalam membantu peningkatan akses dan mutu layanan satuan pendidikan.
a. Mengikuti Pelatihan Komputer, Manajemen Pengelolaan    Keuangan,
b. Workshop Peran Serta Komite Sekolah.  

 

60% =
24 juta


2
Pembelian peralatan penunjang yaitu:
a. Laptop 
b. Printer
c. LCD proyektor (bukan LCD TV)
d. Meublair untuk ruang Kerja Pengurus Komite Sekolah.

35% =
14 juta
3
Biaya Administrasi, Penyusunan   dan pengiriman laporan pelaksanaan kegiatan.


5% =
2 juta

Jumlah
40 Juta

Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini tidak dapat digunakan:
1.    Study Banding Pengurus Komite Sekolah, Guru-guru dan Kepala Sekolah.
2.    Biaya Operasional Komite Sekolah (Transport maupun honor bulanan Pengurus Komite Sekolah, Rapat-rapat Revisi AD/ART, Pemilihan Pengurus Baru, Penyusunan Program Kerja).
3.    Perbaikan Sarana dan Prasarana Bangunan Gedung Sekolah.
4.    Kegiatan yang tidak relevan dengan tugas pokok Komite Sekolah antara lain: Pertandingan Olah Raga, kunjungan Praktek Kerja Industri Siswa, Ikut serta Pameran.
5.    Pembelian barang di luar ketentuan A.3 dan 4 di atas.

B.    Pertanggungjawaban Penggunaan Dana

1.   Pertanggungjawaban atas penggunaan angaran sepenuhnya menjadi tanggungjawab mutlak Komite Sekolah selaku penerima Bantuan Sosial.
2.   Setiap penggunaan dana Bantuan Sosial harus dapat dipertanggungjawabkan dan didukung dengan bukti-bukti yang sah baik fisik, administrasi dan keuangan.
3.     Bukti pengeluaran uang dalam jumlah tertentu harus dibubuhi meterai cukup, sesuai ketentuan yang berlaku.
4.     Dalam bukti pengeluaran harus jelas uraian mengenai penerima dan peruntukan pembayaran dan diberi tanggal serta diberi nomor urut bukti pengeluaran.
5.     Penerima Bantuan Sosial wajib memungut dan menyetorkan  pajak ke Kas Negara sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.
6.     Laporan Pelaksanaan kegiatan dibuat rangkap 4 (empat), dan harus diketahui oleh Kepala Sekolah dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota. disampaikan kepada:
a.     Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta (Fotocopy dan Rekapitulasi Penggunaan Dana Bantusn Sosial).
b.     Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota (Fotocopy).
c.     Kepala Sekolah (Fotocopy)
d.     Pertinggal untuk Komite Sekolah (Asli)

7.     Apabila di kemudian hari penerima Bantuan Sosial tidak melaksanakan sesuai Surat Perjanjian dan Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelolaan Belanja Bantuan Sosial Komite Sekolah, maka akan di proses sesuai peraturan yang berlaku, dan dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist) oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tidak diberikan Bantuan Sosial dalam bentuk apapun di masa yang akan datang, dan mempertanggung jawabkan semua perbuatannya sesuai hukum dan peraturan yang berlaku. 

C.    Pajak

Dalam penggunaan Bantuan Sosial, pihak penerima wajib memungut dan menyetorkan pajak antara lain:
1.       Honorarium Nara Sumber dipungut PPh Pasal 21 sebagai berikut:
a.       Golongan IV sebesar 15 %
b.       Golongan III sebesar   5 %
2.       Uang saku peserta dan panitia dipungut PPh Pasal 21 sebagai berikut:
a.       Golongan IV sebesar 15 %
b.       Golongan III sebesar   5 %
3.       Jasa sewa ruang sidang PPh Pasal 23 sebesar 2 %
4.       a.     Pengadaan Barang/Jasa di atas Rp. 1.000.000,- dipungut PPN sebesar 10 %
b.       Pengadaan barang/jasa di atas Rp. 2.000.000,00 dikenakan PPh Pasal 22 sebesar 1,5% dan PPN sebesar 10%.
a.       Setoran pajak pada nomor 1, 2 dan 3 mencantumkan NPWP, nama dan alamat pemungut pajak/bendahara Komite Sekolah (format terlampir).
b.       Setoran pajak pada nomor 4 mencantumkan NPWP, nama dan alamat wajib pajak/Pihak Ketiga/Rekanan (format terlampir).

D.    Pengembalian Sisa Dana Bantuan Sosial

Bila terdapat sisa dana Bantuan Sosial, harus dikembalikan ke kas Negara melalui bank persepsi (Bank yang ditunjuk Pemerintah) atau PT. Pos Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

1.       Jika dikembalikan pada tahun 2013
        menggunakan form Surat Setoran Pengembalian Belanja (SSPB) atas nama Bendahara Pengeluaran Setditjen Dikmen NPWP nomor 004.937.009077000 dengan kode MAP 573111 (lihat lampiran).
                                                                                                                     
2.       Jika dikembalikan pada tahun 2014
        menggunakan form Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP) atas nama Bendahara Pengeluaran Setditjen Dikmen NPWP nomor 004.937.009077000 dengan kode MAP 423913 dengan uraian Penerimaan Kembali Belanja Lainnya Tahun Anggaran Yang Lalu (lihat lampiran).



















 

BAB V

 PELAPORAN


Laporan pelaksanaan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah mengacu pada Petunjuk Teknis (Juknis) tahun 2013 yang dikeluarkan Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.
Laporan tersebut harus dapat memberikan data dan informasi yang lengkap dan jelas mengenai proses kegiatan dari awal pelaksanaan sampai pekerjaan dinyatakan selesai dan rekapitulasi biaya yang telah dipergunakan.
Laporan disampaikan kepada:

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Up. Bagian Keuangan
Kompleks Kemdikbud  Gedung D Lantai 13
Jl. Jenderal Sudirman/Pintu I Senayan, Jakarta KP 10270,
Telp/Fax. 021-57955143
E-mail :  bagkeu.dikmen@kemdikbud.go.id


 

Sistematika Penyusunan Laporan

       
Laporan kegiatan dan pertanggungjawaban  Penggunaan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah disusun sebagai berikut.

1.       Cover:
-           ukuran                                           = A4
-           Warna untuk SMA N/S                              = Merah Tua
-            Warna untuak SMK N/S          = Orange Tua


LAPORAN
KEGIATAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGGUNAAN BANTUAN SOSIAL
PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH
Tahun 2013




















SMA/SMK N/S*)........................................ *)coret yang tidak perlu)
Jl. ............................., Telp/Fax .................  Email: ....................
KAB/KOTA *) ............... *)coret yang tidak perlu),
PROV. ...........................

2.    Daftar Isi

Halaman berikutnya diisi dengan daftar isi sebagai berikut:

Kata Pengantar

Daftar Isi

                                            I.         Pendahuluan
A.      Latar Belakang
Menjelaskan tentang fungsi Komite Sekolah dan pentingnya Bantuan Sosial bagi Komite Sekolah, pelaksanaan fungsi tersebut.

B.      Dasar Hukum
Menyebutkan dasar hukum: a. Kepmendiknas Nomor 044/U/2002 tentang Komite Sekolah, b. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan c. Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2012 tentang perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

C.      Tujuan
Menjelaskan tentang tujuan penyusunan laporan kegiatan dan pertanggungjawaban penggunaan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah

                                         II.         Pelaksanaan Kegiatan.
A.      Judul Kegiatan
Menjelaskan tentang program dan kegiatan penggunaan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah

B.      Laporan Kegiatan
Menjelaskan tentang hasil seluruh  kegiatan yang telah dicapai, lama waktu pelaksanaan.
C.      Laporan Pertanggungjawaban Keuangan
Menjelaskan tentang bukti-bukti administrasi maupun keuangan dalam penggunaan Bantuan Sosial.

                                           III.    Penutup
A.       Kendala dalam pelaksanaan Kegiatan.
B.       Kesimpulan dan Saran tentang Bantuan Sosial.

                                            IV.    Lampiran-lampiran:
a.          Rekapitulasi Biaya yang telah dipergunakan
b.          Hasil/produk/Output kegiatan.
c.          Berita Acara Serah Terima Barang
d.          Foto-foto kegiatan


BAB. VI

 PENUTUP

 

Buku Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelolaan Belanja Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini disusun sebagai Pedoman Pelaksanaan Kegiatan oleh Komite Sekolah, selain peraturan lain yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan ini, sesuai peraturan yang berlaku. Jika masih ada informasi yang diperlukan, pihak-pihak lain yang terkait dengan pemberian Bantuan Sosial ini diharapkan dapat secara langsung berkomunikasi dengan Staf  Bagian Keuangan Sekretariat Direktorat Jenderal Pendiidkan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat sebagaimana tersebut di atas.










LAMPIRAN-LAMPIRAN

 


Lampiran 1: Proposal

 

Proposal yang diajukan sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelolaan Belanja Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah tahun 2013, dan  menggambarkan program dan kegiatan penggunaan Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah yang akan dilaksanakan pada tahun 2013.

Proposal terdiri dari hal-hal sebagai berikut:


Cover SMA NEGERI/SWASTA Warna hijau Tua
ukuran kertas A-4
dan
COVER SMK NEGERI/SWASTA warna Biru Tua
ukuran kertas A-4


P R O P O S A L

PROGRAM BANTUAN SOSIAL PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH
TAHUN 2013

SMA/SMK N/S .............................................................














KOMITE SEKOLAH SMA/SMK N/S ...................................
Jl. ................ , Telp./Fax. ....................... Email .....................
Kab/Kota ................... Provinsi, ...................
Tahun 2013

1.             Daftar Isi

Halaman berikutnya diisi dengan daftar isi sebagai berikut:
Kata Pengantar
Daftar Isi

I.      Pendahuluan
A.      Latar Belakang
Menjelaskan tentang fungsi Komite Sekolah dan pentingnya Bantuan Sosial bagi pelaksanaan fungsi tersebut.

B.      Dasar Hukum
Menyebutkan dasar hukum: a. Kepmendiknas Nomor 044/U/2002 tentang Komite Sekolah, b. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan c. Peraturan Pemerintah Nomor 66 tahun 2010 tentang perubahan Peraturan Pemerintah 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

C.      Tujuan
Menjelaskan tentang tujuan pemanfaatan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.

II.     Program dan Kegiatan yang sudah pernah dilaksanakan oleh Komite Sekolah, (bila ada)

III.   Program dan Kegiatan Pemanfaatan Bantuan Sosial
Menjelaskan tentang rencana kegiatan kerjasama kemitraan, penggalangan dana dan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah, meliputi tahapan:
A.       Penyusunan rencana kegiatan pemanfaatan Bantuan Sosial.
B.       Penyusunan jadwal kegiatan.
C.      Pihak-pihak yang terkait
D.      Manfaat dari kegiatan.
E.       Rencana Anggaran Biaya (RAB)


IV.   Penutup
Menjelaskan tentang kesimpulan dan harapan dari adanya kegiatan yang dibiayai dari Bantuan Sosial.

Lampiran:
A.        Fotocopy SK Pembentukan Komite Sekolah yang telah di syahkan Kepala Sekolah.
B.        Fotocopy AD/ART Komite Sekolah yang telah di syahkan Kepala Sekolah.
C.        Biodata Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah (format terlampir).
D.        Rekapitulasi rencana penggunaan Bantuan Sosial (format terlampir).
E.         Melampirkan fotocopy NPWP atas nama Komite Sekolah (bila ada) serta tidak atas nama pribadi.
F.         Fotocopy rekening bank atas nama Komite Sekolah yang dilegalisir oleh Bank (tidak atas nama pribadi) .
G.        Data-data pendukung semua kegiatan Komite Sekolah 2 (dua) tahun terakhir.










 Lampiran  2. RAB

Rekapitulasi Rencana Anggaran Biaya
(RAB)
Penggunaan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah
Tahun 2013

No
Kegiatan
Waktu Pelaksanaan

Biaya

1.

Biaya peningkatan kompetensi, peran dan fungsi dalam membantu peningkatan akses dan mutu layanan satuan pendidikan.
a. Mengikuti Pelatihan
    Komputer, Manajemen Pengelolaan
    Keuangan,  
b. Workshop Peran Serta Komite
    Sekolah. 

 






 




60% =
24 juta


2
Pembelian peralatan
penunjang yaitu:
a. Laptop 
b. Printer
c. LCD proyektor (bukan LCD TV)
d. Meublair untuk ruang Kerja
    Pengurus Komite Sekolah.





35% =
14 juta
3
Biaya Administrasi,
Penyusunan   dan
pengiriman laporan
pelaksanaan kegiatan.



5% =
2 juta
Jumlah
Rp. 40 juta


Lampiran  3. Surat Perjanjian

SURAT PERJANJIAN
PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN OUTPUT BAGIAN KEUANGAN SEKRETARIAT DIREKTORAT JENDERAL
PENDIDIKAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

dengan

KOMITE SEKOLAH
SMA/SMK N/S  ...............................................

tentang

BANTUAN SOSIAL PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH
TAHUN 2013

                                    Nomor : ………………………. 2003

Pada hari ini, …….. tanggal ……. bulan ….. tahun dua ribu tiga belas, yang bertanda tangan di bawah ini:

1.     Nama                         :   Moch. Abduh, Ph.D
        N I P                           :   19671222 199512 1 001
Jabatan                     :   Pejabat Pembuat Komitmen Output pada Bagian Keuangan Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.         
        Alamat Kantor        :   Jl. Jenderal Sudirman/Pintu I Senayan, Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung. D, Lt. 13, Jakarta.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 7198/A-A3/KU/2013 tanggal 1 Februari 2013 tentang Perubahan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 603/A.A3/KU/ 2013 tanggal 2 Januari 2013 tentang Pengangkatan Pejabat Perbendaharaan/Pengelola Keuangan pada Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2013, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

2.     Nama                         : ……..……………………………………………             Jabatan :               Ketua Komite SMA/SMK N/S ………………....
        Alamat                      :   …………………………………………………..
        NPWP                        :   ………………………………………………….
        Kab./Kota                :   ………………………………………………….
        Provinsi                      :   ………………………………………………….

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah/Ketua Yayasan  SMA/SMK Negeri/Swasta ......................... No.: ....... tanggal .,,,,,,,,..... tentang Pengangkatan Pengurus Komite Sekolah, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Komite Sekolah, yang selanjutnya dalam perjanjian ini disebut PIHAK KEDUA.

Berdasarkan:
1.       Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor:  023-12.1.682096/2013 tanggal 5 Desember 2012.
2.       Surat Keputusan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku Kuasa Pengguna Anggaran  (KPA) Nomor …..…. tanggal ………….2013 tentang Penetapan Komite Sekolah Penerima Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah Tahun Anggaran 2013.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat dan saling mengikatkan diri dalam Perjanjian Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagai berikut:

Pasal 1
Maksud dan Tujuan

Perjanjian antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KEDUA dimaksudkan sebagai implementasi dari pelaksanaan Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014, khususnya Pendidikan Menengah, dengan tujuan untuk mendorong Komite Sekolah dapat melaksanakan fungsi sebagai lembaga pemberi pertimbangan (advisory agency), lembaga pendukung (supporting agency), lembaga pengawasan (controlling agency), dan sebagai mediator antara orang tua siswa dan masyarakat dengan pihak sekolah.

Pasal 2
Ruang Lingkup Perjanjian

Perjanjian ini mencakup kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Komite Sekolah yang tertuang dalam Pedoman Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah Tahun 2013 antara lain, sebagai berikut:

1.       Implementasi salah satu pola kemitraan antara Sekolah dengan Orang Tua siswa dan masyarakat yang diwadahi dalam komite sekolah, yaitu lembaga pemberi pertimbangan (advisory agency), lembaga pendukung (supporting agency), lembaga pengawasan (controlling agency), dan sebagai mediator antara orang tua siswa dan masyarakat dengan pihak sekolah, untuk itu dianggap perlu meningkatkan komptensi Pengurus Komite Sekolah melalui pelatihan-pelatihan dan workshop (lihat lampiran RAB).

2.       Pembelian peralatan penunjang kegiatan Komite Sekolah berupa:
-           Laptop …………………………………  =  1  unit
-           Printer …………………………………    =  1  unit
-           LCD Projector …………………………   =  1  unit
-           
Meubelair Ruang Kerja Pengurus Komite Sekolah yaitu:
-           Meja Kerja ………………………………               =  1  unit
-           Kursi Kerja ……………………………...                =  1  unit
-           Lemari Penyimpan Peralatan Kantor……             =  1  unit

3.       Menyusun laporan hasil penggunaan dana Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah sebagai wujud pertanggungjawaban.

Pasal 3
Hak dan Kewajiban

PIHAK PERTAMA memiliki hak mendapat laporan hasil pemanfaatan dana Bantuan Sosial baik dalam bentuk softcopy dan hardcopy.


PIHAK PERTAMA memiliki kewajiban, sebagai berikut:
1.       Menyalurkan dana Bantuan Sosial kepada PIHAK KEDUA berdasarkan Surat Keputusan penerima Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah yang telah ditetapkan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).
2.       Melaksanakan Bimbingan Teknis kepada Ketua Komite Sekolah calon penerima Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.
3.       Menandatangani Surat Perjanjian, dan Pakta Integritas dengan PIHAK KEDUA penerima Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.
4.       Melakukan monitoring ke Komite Sekolah penerima dana bantuan.

PIHAK KEDUA memiliki hak, menerima dana Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah yang disalurkan PIHAK PERTAMA.

PIHAK KEDUA memiliki kewajiban, sebagai berikut:
1.          Mengikuti Bimbingan Teknis.
2.          Menandatangi Surat Perjanjian dan Pakta Integritas dengan PIHAK PERTAMA pemberi Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.
3.       Melaporkan kepada PIHAK PERTAMA, apabila dana yang disalurkan telah diterima, dengan mengirimkan salinan rekening koran/buku tabungan melalui Fax, Email, dan Pos di kirim ke alamat sebagaimana tertera pada Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah Tahun 2013.
4.       Mengelola dana Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah sebagaimana dimaksud sesuai dengan Buku Pedoman Pelaksanaan.
5.       Pengadaan Barang/Jasa melalui anggaran Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah harus sesuai dengan Peraturan Presiden No. 70 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/Jasa.
6.       Membuat laporan kemajuan pelaksanaan program sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.
7.       Menerima PIHAK PERTAMA melakukan supervisi pelaksanaan program Bantuan Sosial sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.

8.       Dalam melaksanakan kegiatan pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 di atas, diwajibkan menyusun rencana kegiatan.
9.       Mencatat penerimaan dan pengeluaran dana dalam Buku Kas Umum (BKU) secara manual atau komputerisasi.
10.    Memungut dan menyetorkan pajak yang berkaitan dengan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku sebagaimana diatur pada pedoman pelaksanaan.
11.    Menyimpan dan memelihara seluruh dokumen pelaksanaan pekerjaan pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah sesuai dengan perturan yang berlaku.
12.    Bertanggung jawab penuh atas pengelolaan seluruh dana Bantuan Sosial yang diterima dari PIHAK PERTAMA.
13.    Melakukan serah terima barang hasil pengadaan yang bersumber dari dana Bantuan Sosial Pemberdayaan sesuai pedoman pelaksanaan.

Pasal 4
Waktu Pelaksanaan Pekerjaan

Waktu pelaksanaan pekerjaan ini adalah 90 (sembilan puluh) hari kalender, terhitung sejak dana masuk ke rekening PIHAK KEDUA, dan paling lambat 7 (tujuh) hari kalender setelah dana masuk ke rekening PIHAK KEDUA wajib mulai melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadual yang telah direncanakan sebelumnya.

Pasal 5
Pemeriksaan Pekerjaan

PIHAK PERTAMA dan atau Tim yang ditunjuk PIHAK PERTAMA, berhak melakukan pemeriksaan dan menolak setiap hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan ketentuan dalam buku pedoman pemberian bantuan sosial pemberdayaan komite sekolah, baik mengenai ketentuan administrasi/keuangan maupun ketentuan teknis.




Pasal 6
Jumlah Dana Bantuan Sosial
Pemberdayaan Komite Sekolah


Dana Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah yang disalurkan sebesar Rp 40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah) per-lembaga/Komite Sekolah tanpa pemotongan apapun dan bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Nomor: 023.12.1.682096/ 2013 tanggal 5 Desember 2012.

Pasal 7
Penyaluran Bantuan Sosial
Pemberdayaan Komite Sekolah

1.       Surat Perjanjian akan ditandatangani apabila dokumen pendukung telah dinyatakan lengkap oleh PIHAK PERTAMA.
2.       Dana Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah akan disalurkan melalui KPPN Jakarta III dengan cara ditransfer langsung ke rekening PIHAK KEDUA pada:

Nama Bank            :    ………………………………………….
No. Rekening          :    ………………………………………….
Atas Nama             :     Komite Sekolah SMA/SMK N/S ………

Pasal 8
Keadaan Memaksa

1.       Apabila terjadi keadaan memaksa/kahar (force majeure) yang secara langsung mempengaruhi pelaksanaan perjanjian ini, maka PIHAK KEDUA harus menyampaikan kepada PIHAK PERTAMA paling lambat dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender terhitung mulai terjadinya keadaan memaksa/kahar (force majeure) yang didukung dengan bukti-bukti tertulis yang dikeluarkan dari pihak berwenang.

2.       Hal-hal yang termasuk dalam keadaan memaksa/kahar (force majeure) adalah:
a.       perang.
b.       blokade ekonomi.
c.        revolusi.
d.       huru-hara.
e.        kekacauan.
f.        mobilisasi umum.
g.        pemogokan.
h.       bencana alam.
i.         epidemi.
j.         ancaman terorisme. atau
k.       tindakan pemerintah di bidang moneter.
yang berpengaruh langsung terhadap pelaksanaan perjanjian.

3.       Kahar/keadaan memaksa (force majeure) hanya diperhitungkan untuk perpanjangan waktu pelaksanaan perjanjian.

Pasal 9
Sanksi dan Pengembalian Bantuan Sosial
Pemberdayaan Komite Sekolah

1.       Bila dalam pelaksanaan kegiatan terdapat penyimpangan yang tidak  sesuai dengan pedoman pelaksanaan dan Surat Perjanjian, maka PIHAK KEDUA diberi sanksi oleh PIHAK PERTAMA berupa black list/tidak diberikan bantuan apapun dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di tahun-tahun yang akan datang.

2.       Apabila benar-benar tidak dapat melaksanakan kegiatan maka semua sisa dana yang belum dimanfaatkan wajib disetor ke Kas Negara dengan mengirimkan salinan bukti setoran ke PIHAK PERTAMA.

Pasal 10
Laporan Pertanggungjawaban


1.       PIHAK KEDUA wajib membuat laporan pertanggungjawaban dana Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah dengan melampirkan:
a.        Bukti setoran pajak.
b.       Bukti laporan pelaksanaan pekerjaan, dilengkapi dengan:
-            Dokumen, foto-foto/gambar-gambar hasil pekerjaan.
-            Rekapitulasi pengeluaran dan kuitansi setiap transaksi.
-            Rekapitulasi pungutan pajak yang telah disetorkan.
c.        Berita Acara penyerahan, pencatatan, penggunaan peralatan/barang yang diadakan melalui Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah tahun 2013.
2.     Laporan pertanggungjawaban dikirimkan ke PIHAK KEDUA selambat-lambatnya 15 (lima belas) hari kalender setelah waktu pelaksanaan pekerjaan selesai seluruhnya.

Pasal 11
Pedoman Pelaksanaan

Untuk memperjelas pelaksanaan Perjanjian ini dapat dilihat dalam Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah Tahun 2013 yang merupakan dokumen yang tidak terpisahkan dan menjadi satu kesatuan dengan Surat Perjanjian ini.


Pasal 12
P e n u t u p

1.       Surat Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dalam rangkap 3 (tiga), 2 (dua) rangkap di antaranya dibubuhkan materai Rp 6.000,00 (enam ribu rupiah) masing-masing 1 (satu) materai di pihak pertama dan 1 (satu) materai pada pihak kedua sehingga mempunyai kekuatan hukum yang sama.

2.       Surat Perjanjian ini mulai berlaku sejak tanggal penandatanganan.

PIHAK KEDUA
Komite Sekolah SMA/SMK
Negeri/Swasta …………….



……………………
Ketua

PIHAK PERTAMA
Pejabat Pembuat Komitmen
Output  Bagian Keuangan
Setditjen Dikmen,


Moch. Abduh, Ph.D
NIP. 19671222 199512 1 001

                                                Mengetahui :

Kepala  Sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta .................,

Sekretaris Direktorat Jenderal
Pendidikan Menengah selaku




……………………
NIP. ……………

Kuasa Pengguna Anggaran,



Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA
NIP. 19580625 1985 03 1 003

Pasal 11
Pedoman Pelaksanaan

Untuk memperjelas pelaksanaan Perjanjian ini dapat dilihat dalam Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah Tahun 2013 yang merupakan dokumen yang tidak terpisahkan dan menjadi satu kesatuan dengan Perjanjian ini.

Pasal 12
P e n u t u p

1.   Surat Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dalam rangkap 3 (tiga), 2 (dua) rangkap di antaranya dibubuhi meterai Rp 6.000,00 (enam ribu rupiah) masing-masing 1 (satu) materai di pihak pertama dan 1 (satu) materai pada pihak kedua sehingga mempunyai kekuatan hukum yang sama.

3.    Surat Perjanjian ini mulai berlaku pada tanggal penandatanganan.


PIHAK KEDUA
Komite Sekolah SMA/SMK
Negeri/Swasta …………..




…………………………
Ketua

PIHAK PERTAMA
Pejabat Pembuat Komitmen
Output Bagian Keuangan
Setditjen Dikmen,



Moch. Abduh, Ph.D
NIP. 19671222 199512 1 001

                                        Mengetahui :



Sekretaris Direktorat Jenderal
Pendidikan Menengah selaku


Kuasa Pengguna Anggaran,




Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA
NIP. 19580625 1985 03 1 003






Lampiran 4: Surat Pernyataan Kesanggupan (SPK)


Surat Pernyataan Kesangupan
( S P K )
Melaksanakan Kegiatan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah
Tahun 2013

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                     : ……………….................................................
Jabatan                                 : Ketua Komite Sekolah (SMAN-S/SMKN-S)
Alamat Kantor                    : Jl..........................................................................
Kab/Kota                             : …………………………………………………
Provinsi                                  : …………………………………………………

Dengan ini menyatakan sanggup melaksanakan Kegiatan peningkatan Kompetensi Pengurus Komite Sekolah yaitu: Pelatihan Komputer, Pelatihan Manajeman Keuangan dan Workshop tentang Peran Komite Sekolah dan pengadaan peralatan kantor berupa 1 (satu) unit laptop, 1 (satu) unit Printer dan 1 (satu) unit LCD Proyektor serta meubelair berupa 1 (satu) unit meja kerja, 1 (satu) unit Kursi Kerja, dan 1 (satu) unit lemari penyimpan barang-barang peralatan kantor dari dana Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah tahun 2013 dengan ketentuan sebagai berikut:

1.          Menggunakan Bantuan Sosial sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan pemberian Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah dan Surat Perjanjian.
2.          Melaksanakan dan melaporkan pekerjaan, sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan pemberian Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.
3.          Disupervisi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan oleh institusi pemerintah yang berwenang.


Demikian Surat Pernyataan Kesanggupan ini kami buat dengan sadar dan penuh rasa tanggungjawab.
                                                                                                               
                                                                                .............., ......................., 2013
Mengetahui/Menyetujui:
Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri/                Pengurus Komite Sekolah,
Swasta ………………………..                         SMA/SMK Negeri/Swasta ….          

Cap Sekolah                                                         Materai Rp. 6.000,-
                                                                                Cap Komite Sekolah

......................................                                          ...................................
NIP.                                                                        Ketua

 


 Lampiran 5: Pakta Integritas


PAKTA INTEGRITAS

BANTUAN SOSIAL
Pemberdayaan Komite Sekolah  
TAHUN 2013


Dalam rangka pengelolaan dana Bantuan Sosial yang diterima oleh Komite Sekolah: SMA/SMK N/S ……......................., Kab/Kota, ……..................., Provinsi........................., dengan ini saya menyatakan bahwa :

Sebagai Penerima Dana Bantuan Sosial, tidak akan menjanjikan atau memberikan imbalan berupa uang atau dalam bentuk apapun yang mempunyai nilai uang kepada siapapun dengan alasan apapun.

Sebagai Pemberi Dana Bantuan Sosial, tidak akan meminta/menerima imbalan berupa uang atau dalam bentuk apapun yang mempunyai nilai uang kepada siapapun dengan alasan apapun.

Penerima Dana Bantuan Sosial dalam pengelolaan dana Bantuan Sosial, berkewajiban melaksanakan tugas dengan bersih dan profesional mulai dari pengajuan program kerja (proposal/usulan), pelaksanaan pekerjaan, Pengelolaan keuangan, serta pelaporan hasil pekerjaan.

Apabila saya sebagai Penerima Dana Bantuan Sosial melanggar hal-hal yang telah dinyatakan dalam  PAKTA INTEGRITAS ini, saya bertanggungjawab dan bersedia dikenakan sanksi, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

                                                                         Jakarta, ....................2013

Pejabat Pembuat Komitmen Output
Bagian Keuangan Setditjen Dikmen
Pemberi Dana Bantuan Sosial,



Moch. Abduh, Ph.D
NIP. 19671222 199512 1 001
Komite Sekolah SMA/SMK Negeri/ Swasta ………………………..
Penerima Dana Bantuan Sosial,



(. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . )
Ketua

Lampiran 6: Format Kuitansi Pemberian Bantuan Sosial

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I, Senayan, Gd. D, Lt. 13 Jakarta
Telepon: (021) 57955143, Fax.: (021) 57955145
 


KUITANSI
Sudah terima dari    :   Kuasa Pengguna Anggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
                                       
Terbilang                :   Empat puluh juta rupiah

Untuk Keperluan    :   Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah
                                        SMA/SMK N/S ……………..tahun 2013
.....……………..……….2013

                                                                          Yang Menerima,
                                                                            Komite Sekolah,


                                                                           Materai Rp.6.000,-
Rp. 40.000.000,-
                                                                           ……………………………
                                                                           Ketua
Setuju dibayar:                                                                    Lunas dibayar, . . . . . . . . .  
Pejabat Pembuat Komitmen Output                              BPP Kegiatan Output
Bagian Keuangan Setditjen Dikmen,                              Baian Keuangan,




Moch. Abduh, Ph.D                                                     Dedy Junaidy
NIP. 19671222 199512 1 001                                      NIP. 19670601 199103 1 002
 
                                                                                               









Lampiran 7: Photo Copy Buku Rekening


Nama Pemilik rekening      : Komite Sekolah SMA/SMK N/S ...….…..
Nama bank                          : ………………...................………………
No. rekening                         : ……………………........….………..........
Alamat bank                        : ……………………………...................…








Photo copy Nomor rekening atas nama Komite Sekolah bukan atas nama pribadi atau sekolah

(yang masih aktif) dari Bank pemerintah
Yang disyahkan oleh Bank
 





Photo copy NPWP a.n Komite Sekolah bukan atas nama pribadi atau sekolah (bila ada)
 
 






























Lampiran 8: Contoh Berita Acara Serah Terima (BAST) Komite Sekolah NEGERI dengan Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri:


Berita Acara Serah Terima

Pengadaan Peralatan Kantor dan Meubelair
Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah
antara
Ketua Komite Sekolah SMA/SMK Negeri ……………...
dengan
Kepala Sekolah: SMA/SMK Negeri. ..…………………..

Nomor: ………………………….

Pada hari ini ………… tanggal, …….. bulan ………. Tahun dua ribu tiga belas yang bertanda tangan di bawah ini:

1.     Nama            :     .……………………………………………..
        Jabatan         :     Ketua Komite SMA/SMK Negeri.....................
        Alamat          :     Jl. ..…….........................................................
        Kab./Kota    :     ………….........................................................
        Provinsi         :     ………….........................................................

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah No.: ........... tanggal, ............ tentang Pengangkatan Pengurus Komite Sekolah SMA/SMK  Negeri ..... .................., bertindak untuk dan atas nama Komite Sekolah, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.     Nama                  :     ………………………….
        N I P                     :     ………………………….
        Jabatan               :     Kepala Sekolah SMA/SMK Neg. …………..
                                            bertindak untuk dan atas nama Sekolah, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak bersepakat mengadakan serah terima barang hasil pengadaan melalui dana Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah dengan uraian sebagai berikut:

1.     PIHAK PERTAMA menyerahkan kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menerima dari PIHAK PERTAMA, denggan uraian sebagaimana tesebut di bawah ini.


No

Nama/
Jenis

Jum
lah
Spesifikasi
Merk/
Model/
type
Thn Pembuatan
Harga beli/Perolehan
Sumbe Penda-naan
1.
Laptop
1 unit





2.
Printer
1 unit





3.
LCD Proyektor
1 unit





4.
Meja Kerja
1 unit





5.
Kursi Kerja
1 unit





6.
Lamari
1 unit






2.       PIHAK KEDUA menerima penyerahan tersebut dalam keadaan baik dan lengkap, selanjutnya PIHAK KEDUA,wajib mencatat dalam buku inventaris  Sekolah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian Berita Acara Serah Terima ini, dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Pihak Kedua,                                                       Pihak Pertama,



( ______________ )                                           ( ________________ )
NIP. ………..                                                        Ketua                                    

 


 


 

 


 

 

Lampiran 9 : Contoh Berita Acara Serah Terima  (BAST) Bagi Kepala Sekolah Negeri  kepada Kepala Dinas Pendidikan Kab./Kota


Berita Acara Serah Terima

Pengadaan Peralatan DAN MEUBELAIR
antara
Kepala Sekolah: SMA/SMK Negeri ……………………..
dengan
Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota ……………………..
Propinsi ……………………..
Nomor: ………………………….

Pada hari ini ………… tanggal, …….. bulan ………. Tahun dua ribu tiga belas yang bertanda tangan di bawah ini:

1.     Nama                  :  ……………………………………………………
        N I P                     :  ……………………………………………………
Jabatan               :  Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri ……………..
Alamat                :  ……………………………………………………

bertindak untuk dan atas nama Sekolah, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.     Nama            :     .…………………………………………………..
        NIP                 :     ……………………………………………………...
        Jabatan         :     Kepala Dinas Pendidikan
        Kab./Kota    :     …………............................................................
        Provinsi         :     …………............................................................
        Alamat          :     …………............................................................

bertindak untuk dan atas nama Dinas Pendidikan yang, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak bersepakat mengadakan serah terima Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah dengan uraian sebagai berikut:

1.     PIHAK PERTAMA menyerahkan kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menerima dari PIHAK PERTAMA berupa barang dari hasil Pengadaan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.

Daftar peralatan sebagai berikut:


No

Nama/
Jenis

Jum
lah
Spesifikasi
Merk/
Model/
type
Thn Pembuatan
Harga beli/Perolehan
Sumbe Penda-naan
1.
Laptop
1 unit





2.
Printer
1 unit





3.
LCD Proyektor
1 unit





4.
Meja Kerja
1 unit





5.
Kursi Kerja
1 unit





6.
Lamari
1 unit






2.      PIHAK KEDUA menerima penyerahan tersebut dalam keadaan baik dan lengkap, untuk dicatatkan dalam buku inventaris barang Dinas Pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan diserahkan kepada Sekolah  untuk dimanfaatkan oleh Komite Sekolah dan dibuatkan Berita Acara.

Demikian Berita Acara Serah Terima pengadaan peralatan dan Meubelair  ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Pihak Kedua,                                                       Pihak Pertama,



( ______________ )                                           ( ________________ )
NIP. ………..                                                        NIP. ………………….                                       







 

Lampiran 10 : Contoh Berita Acara Serah Terima  (BAST) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Kab./Kota kepada Kepala Sekolah Negeri :


Berita Acara Serah Terima

Pengadaan Peralatan DAN MEUBELAIR
antara
Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota ……………………..
Propinsi ……………………..
dengan
Kepala Sekolah: SMA/SMK Negeri ……………………..

Nomor: ………………………….

Pada hari ini ………… tanggal, …….. bulan ………. Tahun dua ribu tiga belas yang bertanda tangan di bawah ini:

1.     Nama            :     .…………………………………………………..
        NIP                 :     ……………………………………………………...
        Jabatan         :     Kepala Dinas Pendidikan
        Kab./Kota    :     …………............................................................
        Provinsi         :     …………............................................................
        Alamat Ktr   :     …………............................................................
bertindak untuk dan atas nama Dinas Pendidikan yang, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA
2.     Nama                  :  ……………………………………………………
        N I P                     :  ……………………………………………………
Jabatan               :  Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri ……………..
Alamat                :  ……………………………………………………

bertindak untuk dan atas nama Sekolah, selanjutnya disebut PIHAK KETUA.

Kedua belah pihak bersepakat mengadakan serah terima barang hasil Pengdaan melalui Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah dengan uraian sebagai berikut:

1.     PIHAK PERTAMA menyerahkan kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menerima dari PIHAK PERTAMA berupa barang hasil dari Pengadaan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.

 Daftar peralatan sebagai berikut:


No

Nama/
Jenis

Jum
lah
Spesifikasi
Merk/
Model/
type
Thn Pembuatan
Harga beli/Perolehan
Sumbe Penda-naan
1.
Laptop
1 unit





2.
Printer
1 unit





3.
LCD Proyektor
1 unit





4.
Meja Kerja
1 unit





5.
Kursi Kerja
1 unit





6.
Lamari
1 unit







2.      PIHAK KEDUA menerima penyerahan tersebut dalam keadaan baik dan lengkap, untuk digunakan dan dirawat oleh Komite Sekolah sebagai peralatan penunjang dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari.

Demikian Berita Acara Serah Terima pengadaan peralatan dan Meubelair  ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Pihak Kedua,                                                       Pihak Pertama,



( ______________ )                                           ( ________________ )
NIP. ………..                                                        NIP. ………………….       











Lamp 11: Contoh Berita Acara Serah Terima (BAST) Komite  Sekolah SWASTA dengan Ketua Yayasan Sekolah SMA/SMK Swasta:


Berita Acara Serah Terima

Pengadaan Peralatan Kantor dan Meubelair
Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah
antara
Ketua Komite Sekolah SMA/SMK Swasta ………...
dengan
Kepala Sekolah: SMA/SMK Swasta …..…………..

Nomor: ………………………….

Pada hari ini ………… tanggal, …….. bulan ………. Tahun dua ribu tiga belas yang bertanda tangan di bawah ini:

1.     Nama            :     .………………………………………………
        Jabatan         :     Ketua Komite SMA/SMK Swasta ….................
        Alamat          :     Jl. ..…….........................................................
        Kab./Kota    :     ………….........................................................
        Provinsi         :     ………….........................................................

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan/Kepala Sekolah No.: ........... tanggal, ............ tentang Pengangkatan Pengurus Komite Sekolah SMA/SMK  Swasta … .................., bertindak untuk dan atas nama Komite Sekolah, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.     Nama                  :     ………………………….
        N I P                     :     ………………………….
        Jabatan               :     Kepala Sekolah SMA/SMK Swasta ……………… bertindak untuk dan atas nama Sekolah, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak bersepakat mengadakan serah terima Barang hasil Pengadaan melalui Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah dengan uraian sebagai berikut:
PIHAK PERTAMA menyerahkan kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menerima dari PIHAK PERTAMA, denggan uraian sebabaimana tesebut di bawah ini.


No

Nama/
Jenis

Jum
lah
Spesifikasi
Merk/
Model/
type
Thn Pembuatan
Harga beli/Perolehan
Sumbe Penda-naan
1.
Laptop
1 unit





2.
Printer
1 unit





3.
LCD Proyektor
1 unit





4.
Meja Kerja
1 unit





5.
Kursi Kerja
1 unit





6.
Lamari
1 unit






3.       PIHAK KEDUA menerima penyerahan tersebut dalam keadaan baik dan lengkap, selanjutnya PIHAK KEDUA,wajib mencatat dalam buku inventaris barang Sekolah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian Berita Acara Serah Terima ini, dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Pihak Kedua,                                                       Pihak Pertama,



( ______________ )                                           ( ________________ )
NIP. ………..                                                        Ketua                                    

 

 









Lampiran 12 : Contoh Berita Acara Serah Terima  (BAST), Bagi Sekolah Swasta yitu Kepala Sekolah dengan Ketua Yayasan:


Berita Acara Serah Terima

Pengadaan Peralatan dan Meubelair
Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah
antara
Kepala Sekolah: SMA/SMK Swasta  ………………..
dengan
Ketua Yayasan  SMA/SMK Swasta ……………………..

Nomor: ………………………….

Pada hari ini ………… tanggal, …….. bulan ………. Tahun dua ribu tiga belas yang bertanda tangan di bawah ini:

1.     Nama                  :     ………………………………………………….
        N I P                     :     (bila ada ) ..…………………………………….
Jabatan               :  Kepala Sekolah SMA/SMK Swasta …………….
Alamat                :  ……………………………………………………

bertindak untuk dan atas nama Sekolah, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.     Nama            :     .…………………………………………………..
        Jabatan         :     Ketua Yayasan ……………………..………………
        Kab./Kota    :     ………….............................................................
        Provinsi         :     …………..............................................................
        Alamat Ktr   :     …………..............................................................

bertindak untuk dan atas nama Yayasan yang, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak bersepakat mengadakan serah terima barang Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah dengan uraian sebagai berikut:

1.     PIHAK PERTAMA menyerahkan kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menerima dari PIHAK PERTAMA berupa peralatan kantor dan meubelair dengan rincian sebagimana tersebut di bawah ini:




No

Nama/
Jenis

Jum
lah
Spesifikasi
Merk/
Model/
Type
Thn Pembuatan
Harga beli/Perolehan
Sumbe Penda-naan
1.
Laptop
1 unit





2.
Printer
1 unit





3.
LCD Proyektor
1 unit





4.
Meja Kerja
1 unit





5.
Kursi Kerja
1 unit





6.
Lamari
1 unit






2.  PIHAK KEDUA menerima penyerahan tersebut dalam keadaan baik dan lengkap, selanjutnya PIHAK KEDUA, dicatatkan dalam buku inventaris barang Yayasan,

Demikian Berita Acara Serah Terima pengadaan peralatan melalui Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Pihak Kedua,                                                       Pihak Pertama,



( ______________ )                                           ( ________________ )
Ketua Yayasan                                                   Kepala Sekolah                                                                                  

 


 

Lampiran 13: Contoh Berita Acara Serah Terima Barang (BAST) Bagi Ketua Yayasan dengan Kepala Sekolah Swasta)


Berita Acara Serah Terima
penyerahan Barang Pengadaan Peralatan
Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah
antara
Ketua Yayasan SMA/SMK Swasta  ……………………..
dengan
Kepala Sekolah SMA/SMK Swasta……………………..

Nomor: ………………………….

Pada hari ini ………… tanggal, …….. bulan ………. Tahun dua ribu dua belas yang bertanda tangan di bawah ini:

1.     Nama            :     .…………………………………………………..
        Jabatan         :     Ketua Yayasan SMA/SMK Swasta ………………..
        Kab./Kota    :     …………..................................................................
        Provinsi         :     ………….................................................................
        Alamat Ktr   :     ………….................................................................

bertindak untuk dan atas nama Dinas Pendidikan yang, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.     Nama                  :     …………………………………………….…….
        Jabatan               :  Kepala Sekolah SMA/SMK Swsta ……….………
Alamat                :  ……………………………………………….……

bertindak untuk dan atas nama Sekolah, selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.


Kedua belah pihak bersepakat mengadakan serah terima barang Bantuan Sosial pemberdayaan Komite Sekolah dengan uraian sebagai berikut:

1.     PIHAK PERTAMA menyerahkan kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menerima dari PIHAK PERTAMA berupa barang dari Pengadaan Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah.

Daftar peralatan sebagai berikut:


No

Nama/
Jenis

Jum
lah
Spesifikasi
Merk/
Model/
Type
Thn Pembuatan
Harga beli/Perolehan
Sumbe Penda-naan
1.
Laptop
1 unit





2.
Printer
1 unit





3.
LCD Proyektor
1 unit





4.
Meja Kerja
1 unit





5.
Kursi Kerja
1 unit





6.
Lamari
1 unit






2.      PIHAK KEDUA menerima penyerahan tersebut dalam keadaan baik dan lengkap, selanjutnya PIHAK KEDUA, untuk didigunakan dan dirawat oleh Komite Sekolah sebagai peralatan penunjang dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari.

Demikian Berita Acara Serah Terima pengadaan peralatan melalui Bantuan Sosial Pemberdayaan Komite Sekolah ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Pihak Kedua,                                                       Pihak Pertama,



( ______________ )                                           ( ________________ )
NIP ………………….                                         Ketua Yayasan







 

 

 

 


Lampiran 14a : Contoh Surat Setoran Pajak (SSP) PPh Pasal 21

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 14b : Contoh Surat Setoran Pajak (SSP) PPh Pasal 21

































Lampiran 14c : Contoh Surat Setoran Pajak (SSP) PPh Psl 23

































Lampiran 14d : Contoh Surat Setoran Pajak (SSP) PPN

 

 

 


Lampiran 15a: Contoh Surat Setoran Pengembalian Belanja (SSPB)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 15b: Contoh Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP)

 

 



 


Lampiran 16 : Contoh Biodata Kepala Sekolah SMA/SMK









 







B I O D A T A


KEPALA SMA/SMK N/S : .................................

1.       Nama Lengkap                     : .....................................................
2.       N I P                                         : .....................................................
3.       Pangkat/Golongan                                : .....................................................
4.       Jabatan                                   : .....................................................
5.       Nama Sekolah                       : .....................................................
6.       Alamat Sekolah                    : .....................................................
7.       NPWP                                      : .....................................................
8.       Provinsi                                   : .....................................................
9.       Kab/Kota                                               : .....................................................
10.    Telepon Kantor                     : ..................... Fax. .......................
11.    Nomor HP (bila Ada)           : ......................................................       
12.    Email                                       : .....................................................


.............., ..............  2013

Tanda tangan
________________
NIP. ....................

Lampiran 17: Contoh Biodata Ketua Komite Sekolah SMA/SMK












 





B I O D A T A

Ketua Komite SMA/SMK N/S : .................................

1.       Nama Lengkap                  : .......................................................
2.       Jabatan                                               : .......................................................
3.       Unit Kerja                           : .......................................................
4.       NPWP                                  : .......................................................
5.       Bank                                    : .......................................................
6.       Alamat Unit Kerja            : ......................................................
7.       Provinsi                                                : .......................................................
8.       Kab/Kota                           : .......................................................
9.       Telepon Kantor                 : ..................... Fax. .........................
10.    Alamat Rumah                  : .......................................................
11.    Telepon Rumah                 : ......................        HP. ........................
12.    Email                   : .......................................................


.............., ...............  2013
                                                                  Pengurus Komsek,
Tanda tangan,

________________
Ketua

21 komentar:

  1. bgus sekali bisa link kesaya ngak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak...bisa kirim emailnya.........

      Hapus
  2. TERIMAKASIH................ BOLEH TAR SAYA KSIH LINK NYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. datanya sesuai ama yang saya cari,,,,
      mbak saya bisa minta link downloadnya...!
      terima kasih sebelumnya....

      Hapus
    2. kalau boleh yang terbaru y mbak...??
      yang 2014 ni

      Hapus
    3. oh ya lupa, ne alamat e-mail saya mbak
      hulwun13@gmail.com
      mohon bantuannya y mbak, sebelum dan sesudahnya saya ucapin terima kasih banyak

      Hapus
  3. mbak saya minta link downloadnya ya. ke : smamuh3po@yahoo.com, terima kasih

    BalasHapus
  4. assalamu'alaikum.
    maaf mbak sy boleh minta link downloanya g ini alamat emailnya " smkmuhberau@gmail.com " or email pribadi " robi.sst@gmail.com "...terima kasih sebelumya...

    BalasHapus
  5. baiklah akan saya kirim............
    terimakasih kembali

    BalasHapus
  6. saya mau juga, kirim ya ke imel noval_forefer@yahoo.co.id
    makasihya sebelumnnya......

    BalasHapus
  7. assalamu'alaikum...
    saya boleh minta link download ny nggk...
    alamat email saya "teguhadisucipto@gmail.com"
    kalau ada juknis utk tahun 2014 saya minta jg...
    trima kasih sblum & ssudahny...

    BalasHapus
  8. assalamu'alaikum...
    saya boleh minta contoh proposal bantuan sosial komite utuk tahun 2014, tolong kirim ke
    alamat email saya "kanieabbel@yahoo.co.id" atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya mohon balasannya.

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum maaf mba saya dari smk muhammadiyah 2 tegal, kalo boleh kami minta juknis tersebut yg 2014 ke email sy ya mba.. (toat.amiruddin721@gmail.com). terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Aslm. mbak kalo ada contoh proposal jadi tolong kirim ya. (sman6_benteng@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  11. Aslm. mbak kalo ada contoh proposal jadi tolong kirim ya. (sman6_benteng@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  12. Aslm. mbak kalo ada contoh proposal jadi tolong kirim ya. (sudirmannatuna@gmail.com)

    BalasHapus
  13. assalamualaikum,., mbak saya boleh mnta link downloadnnya gk,,, untuk tahun 2014 lok gk da yg 2013 jg gk pa2 mbak ,.. mksih mbak sblumnnya,.,.
    email : khoirulanwar594@gmail.com

    BalasHapus
  14. ass. Mbak minta contoh proposal jadi tolong kirim ke email saya (luri.ramdhani05@gmail.com) maksih mbak sebelumnya

    BalasHapus
  15. mbak sri kirim link download ke sarwaidi2003@gmail.com ya

    BalasHapus
  16. mbak sri yg baik hati kirimi dong link download yg pedoman utk th 2014 ke emailku mintodemak@gmail.com ditunggu lo...matur suwun

    BalasHapus